• March 1, 2024
stroopwafel kue kering terenak di dunia

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada juga kue kering terenak yang dapat kamu temukan dari penjuru dunia ini. Ada kue kering dengan rasa gurih hingga manis. Yuk, kali ini cari tahu apa saja kue kering yang banyak disukai bersama GoTravelly di bawah ini.

Kue Kering Terenak di Dunia

1. Stroopwafel – Belanda

stroopwafel kue kering terenak di dunia
unsplash.com

Kue kering satu ini dikenal sebagai salah satu makanan ringan nasionalis yang dapat kamu temukan di Negeri Kincir Angin. Makanan khas ini memiliki Lapisan adonan yang tipis, sehingga memberikan tekstur yang renyah dan lembut di dalamnya.

Sebagai salah satu varian kue kering terenak di Dunia, Stroopwafel seringkali dipilih sebagai varian oleh-oleh khas Belanda yang banyak diburu para pelancong.  Stroopwafel dapat dinikmati dengan berbagai cara, saat ini ada banyak varian rasa yang memberikan taste beragam. Secara tradisional kue ini seringkali dinikmati dengan secangkir kopi atau teh hangat. Gimana menurutmu nih, sobat GoTravelly?

2. Scottish Shortbread – Skotlandia

scootish shortbread
unsplash.com

Jenis makanan satu ini masuk ke dalam kategori kue kering biskuit yang menjadi salah satu varian terenak dan terfavorit di dunia. Scottish Shortbread terbuat dari bahan tepung, gula, dan mentega. Perpaduan dari setiap takaran bahan yang digunakan tersebut, berhasil memberikan cita rasa yang renyah namun meleleh dan rapuh saat masuk ke dalam mulut.

Secara tradisional kue ini memiliki bentuk bulat yang pipih. Lalu setiap sisinya memiliki pola berlubang kecil yang dihasilkan dari tusukan garpu. 

Kue kering yang telah resepnya telah tertulis sejak tahun 1735 ini menjadi salah satu yang semakin popular di penjuru negeri. Dulunya Scottis Shortbread ini menjadi kue yang disuguhkan saat hari Natal dan malam tahun baru tiba. Kini jika menginginkannya, kamu bisa menikmati Scottish Shortbread dalam berbagai varian yang dibumbui dengan garam, ketumbar, jintan, atau almond.

3. Baci di Dama – Italia

baci di dama
flickr.com

Selanjutnya ada kue kering bernama Baci di Dama yang menjadi makanan kering terenak di dunia dari Italia. Kue Baci di Dama memiliki makna ciuman wanita, nama tersebut diberikan karena kue kering memiliki bentuk visual yang serupa dengan ciuman antar dua bibir.

Makanan ini dibuat dengan menggunakan bahan utama mentega dan hazelnut. Sehingga memiliki rasa legit dan tekstur yang ringan saat digigit. Kue ini memiliki dua lapisan yang diantaranya dioleskan coklat hazelnut. Baci di Dama sering menjadi salah satu makanan ringan yang dinikmati saat liburan. Bentuknya yang mengapit lapisan tersebut, seringkali membuat Baci di Dama dijuluki sebagai oreo versi Italia. Gimana sobat GoTravelly, bentuknya terlihat mirip dengan sus kering ya?

4. Speculaas – Belanda; Belgia

spechulas
unsplash.com

Kue dengan rasa yang berbumbu satu ini dapat dengan mudah kamu temukan di Belgia dan Belanda. Tak hanya itu saja, dilansir dari Taste Atlas, kue bernama Speculaas ini juga cukup popular di negara lain, seperti Jerman, Luksemburg, dan Prancis bagian Utara.

Kue dengan rasa rempah yang cukup kuat ini, dibuat dengan perpaduan aroma kayu manis, cengkeh, jahe, dan pala. Secara tradisional kue ini dipanggang pada malam hari perayaan St. Nicholas untuk merayakannya pada tanggal 5 dan 6 di bulan Desember. Kini, jika kamu menginginkannya kamu bisa menemukannya dengan mudah setiap saat. Kue ini sangat cocok dinikmati sebagai kudapan saat menikmati secangkir teh atau kopi.

5. Macarons – Prancis

macarons
pexels.com

Kue dengan bagian lapisan luar yang kering namun lembut di dalamnya ini adalah salah satu varian kue terenak di dunia. Hingga saat ini Macarons masih menjadi salah satu kue yang popular di seluruh penjuru negeri. Bentuknya yang mungil dan rasanya yang legit akan memanjakan setiap lidah penikmatnya.

Macarons memiliki sejrah yang panjang, mulanya kue ini dikatakan muncul pertama kali di Italia pada tahun 1533. Berbeda dengan saat ini, di tahun tersebut Macarons adalah kue tanpa isian. Penamaan kue ini pun diambil dari kata Italia “maccherone” yang artinya adonan halus. Meski begitu Macarons dikenal sebagai kue berasal dari Perancis. Di mana ditemukan untuk diisi dengan krim ganache yang merekatkan dua irisan lapisan lainnya.

6. Achappam – India

achappam kue kering terenak di dunia
freepik.com

Saat sobat GoTravelly melihat bentuk dari kue ini, apakah bentuknya mengingatkanmu dengan salah satu varian kue tradisional yang ada di Indonesia juga? Achappam adalah salah satu kue kering khas India yang memiliki bentuk serupa bunga.

Kue ini dibuat dengan adonan tipis yang terbuat dari tepung beras, telor, dan santan. Bentuk bunganya didapat dari penggunaan cetakan bernama achu khusus. Kue ini dibuat dengan cara di goreng ke dalam minyak panas. Teksturnya kering dan renyah dengan rasa manis yang tak eneg.

7. Madeleines – Prancis

madeleines
pexels.com

Kue dengan bentuk mirip cangkang kerang ini menjadi salah satu makanan yang dapat kamu temukan di Prancis. Meski terlihat kering pada bagian dalamnya, kue Madeleines memiliki konsistensi tekstur lembut dan empuk di bagian dalamnya.

Jika kamu suka menikmati secangkir teh atau kopi, makan Madeleines bisa menjadi pasangan terbaik. Kue ini menjadi salah satu hidangan penutup khas dari wilayah Lorraine. Saat ini kue lawas ini menjadi salah satu camilan yang cukup popular.  

8. Krumiri – Italia

krumiri
flickr.com

Selain Baci di Dama, Krumiri juga menjadi salah satu jenis kue kering popular yang terenak di dunia dari Italia. Kue berbentuk silinder dengan bengkokannya yang khas ini adalah makanan yang dibuat dengan menggunakan tangan secara langsung untuk mencetaknya.

Krumiri memadukan beberapa bahan, seperni tepung, gula, mentega, vanila, dan telor. Dalam proses pembuatannya Krumiri harus didiamkan selama sehari untuk setelahnya dipanggang. Masyarakat lokal biasa menikmati kue ini dengan cara mencelupkan ke dalam teh, anggur manis, atau minuman cokelat.

9. Macarons de Nancy – Prancis

macarons de nancy kue kering terenak di dunia
flickr.com

Kue dengan retakan di bagian atasnya ini adalah salah satu camilan yang dapat kamu temukan hampir di seluruh sudut kota yang ada di Prancis. Macarons de Nancy memiliki rasa manis dengan tekstur perpaduan kering dan lembut saat digigit.

Kue ini adalah varian Macaron yang berbeda dari sebelumnya. Bahan utama dalam pembuatan kue ini memadukan bahan dasar almond. Macarons de Nancy dapat kamu temukan di banyak toko pastry yang ada di Prancis.

10. Florentines – Prancis

Kue dengan taburan kacang-kacangan di bagian atasnya ini menjadi salah satu kue yang terkenal enaknya. Florentines memiliki tekstur sekaligus rasa yang unik. Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat kue ini memadukan banyak bahan, seperti jenis kacang-kacangan (seringkali menggunkan almond dan hazelnut), mentega, madu, manisan ceri.

Pada lapisan bawah kue ini menggunakan coklat, sehingga akan memberi taste kue semakin kaya. Florentines menjadi salah satu kue manis, yang seringkali disajikan saat perayaan Natal tiba. Kue ini sangat cocok dinikmati langsung atau dicelupkan ke dalam minuman.

Sobat GoTravelly itulah daftar kue kering terenak di dunia yang dapat kamu cicipi! Mau tahu informasi seputar kuliner atau destinasi wisata dari mancanegara lainnya? yuk, sertakan perjalananmu bersama GoTravelly.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *