• March 3, 2024
museum zoologi

6 Wisata Sejarah di Bogor untuk Referensi Liburan Seru

Bogor merupakan bagi salah satu daerah yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Karena dikenal menyuguhkan banyaknya pilihan destinasi wisata, tidak heran jika Bogor kerap didatangi wisatawan sebagai tujuan berlibur. Terdapat berbagai pilihan tempat wisata yang dapat kamu kunjungi, salah satunya adalah tempat-tempat bersejarah. Dengan mengunjungi tempat wisata bersejarah, kamu dapat mengetahui banyak informasi serta pengetahuan baru. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 6 rekomendasi wisata sejarah di Bogor yang populer dan menarik untuk kamu datangi.

6 Wisata Sejarah di Bogor :

1. Museum Zoologi

museum zoologi
sikidang.com

Ingin berwisata menyusuri museum dengan suasana asyik dan menyenangkan? Museum Zoologi menjadi rekomendasi tepat yang dapat kamu tuju. Wisata sejarah di Bogor yang satu ini berlokasi di Jalan Ir H Juanda nomor 9, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Sesuai dengan sebutannya, museum ini menyuguhkan koleksi bersejarah yang berkaitan dengan dunia satwa. Kamu dapat melihat langsung banyaknya fosil-fosil hewan. Kamu dapat mengajak teman atau keluarga untuk menyusuri Museum Zoologi. Tempat yang satu ini juga cocok dipilih sebagai sarana edukasi bagi anak-anak.

Untuk menyusuri kawasan museum, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 25.000,- per orang. Harga tersebut tentu terbilang sangat terjangkau, mengingat kamu dapat menyusuri area museum yang luas serta mendapat banyak pengetahuan baru.

2. Istana Bogor

istana bogor
travel.tempo.co

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan Istana Bogor bukan? Tempat yang satu ini hanya dapat dikunjungi di saat-saat tertentu. Pengunjung juga harus mendapatkan izin sebelum masuk dan menyusuri kawasan Istana Bogor.

Disini kamu dapat menjumpai adanya galeri seni yang menyimpan berbagai karya seni dari zaman dulu. Beberapa karya seni juga dibuat sejak sebelum Indonesia merdeka. Tidak hanya itu, bangunan Istana Bogor juga sangat bersejarah karena merupakan peninggalan kolonial Belanda.

Pada tahun 1870 hingga 1942, Gedung Istana Bogor dulunya merupakan kediaman resmi Gubernur Jenderal Belanda dan Gubernur Jenderal Inggris. Lokasinya yang berada di sekitar Kebun Raya Bogor juga menjadikan bangunan bersejarah ini memiliki suasana yang sejuk dan segar. Selain itu, adanya hewan rusa yang dibiarkan hidup bebas juga berhasil menarik perhatian wisatawan.

Untuk mengunjungi Istana Bogor, kamu dapat langsung menuju ke kawasan Jalan Ir H Juanda nomor 1, Kelurahan Paledang, Kecamatan Kota Bogor, Tengah Kota Bogor.

3. Kebun Raya Bogor

kebun raya bogor
tirto.id

Selain Istana Bogor, Kebun Raya Bogor juga dikenal sebagai salah satu wisata sejarah di Bogor yang menarik untuk kamu datangi. Tempat yang satu ini dikenal menyuguhkan area penghijauan yang luas dan berada di tengah kota. Selain banyak didatangi oleh masyarakat kota Bogor, kebun Raya Bogor juga kerap menjadi tujuan wisatawan dari berbagai daerah lainnya.

Selain dikenal sebagai icon wisata yang tak terpisahkan dengan Kota Bogor, Kebun Raya Bogor juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Dulunya, Kebun Raya Bogor merupakan bagian dari Samida (taman buatan yang dibuat pada masa pemerintahan Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi). Kemudian Kebun Raya Bogor semakin berkembang saat berada dalam kekuasaan Belanda. Saat berkunjung ke kebun raya yang satu ini, kamu masih dapat menjumpai sisa peninggalan Hindu Budha pada masa kolonialisme Belanda.

Menghabiskan waktu berlibur di Kebun Raya Bogor tentu menjadi hal menyenangkan yang bisa kamu coba. Jika penasaran dan ingin mengunjunginya, kamu dapat langsung menuju ke kawasan Jalan Ir H Juanda, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

4. Museum Perjuangan

museum perjuangan
javatravel.net

Bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi wisata sejarah di Bogor, tidak ada salahnya jika kamu datang ke Museum Perjuangan. Museum yang satu ini terletak di kawasan Jalan Merdeka nomor 56, Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Sesuai dengan sebutannya, disini kamu dapat menjumpai banyaknya koleksi atau peninggalan yang sudah ada sejak masa perjuangan. Museum Perjuangan telah ada sejak tahun 1957 dan pembangunannya diprakarsai oleh tokoh pejuang karesidenan Bogor. Pengunjung tidak hanya dapat menghabiskan waktu dengan berwisata menyusuri museum, tetapi tentunya juga dapat mengetahui banyak hal baru.

Kamu dapat melihat langsung adanya senjata yang digunakan pada masa perjuangan. Selain itu, museum ini juga menyuguhkan diorama pertempuran yang dapat disaksikan oleh pengunjung. Yang paling menarik adalah terdapat koleksi perlengkapan baju dengan noda darah asli yang masih menempel.

5. Museum PETA

museum peta
jejakpiknik.com

Museum PETA menjadi wisata sejarah di Bogor yang memiliki hubungan erat dengan angkatan militer Indonesia. Pada tahun 1745, bangunan Museum PETA dulunya merupakan bangunan bekas tentara KNIL. Oleh karena itu, maka tidak heran jika Museum PETA memiliki bentuk bangunan yang khas dan bergaya Eropa.

Di masa pendudukan Jepang yakni pada tahun 1943, gedung ini menjadi pusat pelatihan tentara pembela tanah air. Setelah melalui beberapa perubahan, kemudian pada tahun 1995 bangunan ini diresmikan sebagai museum oleh Presiden Indonesia.

Saat datang ke Museum PETA, pengunjung dapat melihat langsung peninggalan sejak zaman perjuangan. Selain itu, kamu juga dapat menikmati adanya diorama serta informasi mengenai sejarah bangsa Indonesia.Di bagian depan museum, terdapat patung dari dua tokoh yang sangat berjasa pada tentara PETA, yaitu Supriyadi dan Jendral Sudirman. Kedua tokoh tersebut tentu berperan penting dalam perjuangan tentara PETA.

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat melihat langsung banyaknya senjata yang digunakan pada masa perjuangan melawan penjajah. Kamu dapat berwisata sekaligus mengetahui banyak hal baru saat menyusuri museum ini. Untuk datang ke Museum PETA, kamu dapat langsung menuju jalan Jenderal Sudirman nomor 35, Pabaton, Bogor Tengah, Kota Bogor.

6. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

museum nasional sejarah alam indonesia
kompas.com

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia atau yang dulunya dikenal dengan sebutan Museum Etnobotani juga menjadi tujuan tepat bagi kamu yang sedang mencari wisata sejarah di Bogor. Tempat yang satu ini dapat kamu datangi di Jalan Ir H Juanda nomor 22, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Saat menyusuri museum ini, kamu akan memperoleh banyak informasi mengenai sejarah. Kamu tidak perlu khawatir karena pengunjung tidak dikenakan biaya mahal untuk masuk dan menyusuri kawasan museum. Tiket masuk Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia hanya dibanderol Rp 15.000,- untuk weekday dan Rp 25.000,- untuk weekend.

Lokasinya yang sangat strategis dan mudah dikunjungi juga menjadikan museum ini tidak boleh kamu lewatkan saat datang ke Bogor. Kamu dapat menikmati banyaknya koleksi yang dipajang di dua lantai.

source : https://www.youtube.com/@RhieStory

Nah, itulah daftar 6 rekomendasi wisata sejarah di Bogor yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Dengan mengunjungi tempat wisata bersejarah, kamu dapat mengetahui banyak informasi baru serta dapat merasakan pengalaman yang mengesankan. Dari beberapa rekomendasi wisata sejarah di Bogor tersebut, tempat manakah yang paling ingin kamu datangi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *