• October 5, 2023
ranu kumbolo

Ingin Tahu Rekomendasi Danau di Malang? Berikut Daftarnya!

Malang merupakan kota yang memiliki banyak tempat wisata termasuk Danau. Tak heran dengan fakta ini akhirnya ada banyak wisatawan yang datang dari luar kota Malang dan Batu berdatangan, apalagi saat liburan. Danau di Malang memiliki keindahan dan keistimewaan tersendiri.

Wisata yang berkaitan dengan air memang menarik perhatian tersendiri. Jika bosan mengunjungi wisata pantai di Malang maka rekomendasi lainnya adalah danau. Yuk, intip rekomendasi danau di area Malang berikut untuk dijadikan sebagai referensi wisata terbaik.

6 Rekomendasi Danau di Malang

Danau dipilih sebagai tempat wisata salah satunya karena bisa menenangkan pikiran. Selain itu juga air yang ada di danau bisa memberikan kesejukan serta banyak manfaat selain keindahan. Berikut rekomendasi wisata danau terindah yang ada di Malang:

1. Ranu Kumbolo

ranu kumbolo
nativeindonesia.com

Wisata danau yang sangat terkenal bahkan sampai dijadikan sebagai film adalah Ranu Kumbolo. Ketinggian danau ini sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut dan masih satu kawasan dengan Bromo Tengger Semeru. Para pendaki Gunung Semeru pastinya sudah tidak asing dengan kehadiran danau indah ini.

Ranu Kumbolo makin hari makin terekspos sebagai lokasi wisata sehingga banyak orang mengincar lokasi tersebut. Proses pendakian yang tidak mudah menuju danau ini akan terbayarkan dengan keindahan danaunya. Perjalanan akan dimulai dari Desa Ranupani untuk mendaki gunung.

Selain proses pendakian yang sulit untuk registrasi sebagai pendaki Gunung Semeru semakin ketat. Tingginya minat wisatawan untuk mendaki Gunung Semeru menjadi alasan utama kenapa proses registrasi dilakukan secara maksimal.

Rekomendasi waktu yang tepat untuk mengunjungi Ranu Kumbolo adalah musim kemarau. Supaya perjalanan mendaki lebih aman dan memberikan pengalaman tak terlupakan disarankan untuk berkemah di sana. Pada pagi harinya para pendaki akan mendapat pemandangan matahari terbit yang sangat indah.

2. Ranu Regulo ‚Äď Danau di Malang

ranu regulo
travel.kompas.com

Jika ingin menikmati danau tanpa perlu pendakian panjang maka Ranu Regulo adalah pilihannya. Lokasi Ranu Regulo sendiri ada di Desa Ranupani yang sering dijadikan sebagai lokasi camping juga. Para pendaki Gunung Semeru kerap istirahat di lokasi ini sebelum atau sesudah mendaki.

Ranu Regulo merupakan danau yang tidak terlalu luas akan tetapi sangat indah. Nuansa sekitar danau Ranu Regulo mirip dengan Ranu Kumbolo hanya saja terbatas dengan lokasi yang tidak luas. Terdapat pepohonan sekitar yang mirip dengan pohon di area Ranu Kumbolo sehingga semakin sejuk.

Kehadiran Ranu Regulo ini menjadi alternatif terbaik bagi para pecinta danau yang tidak diperbolehkan mendaki. Pasalnya Ranu Regulo memiliki kemiripan dari berbagai sisi dengan Ranu Kumbolo. Untuk menikmati danau ini para pendaki juga tidak perlu melakukan registrasi secara ketat.

3. Ranu Pani

ranu pani
jabar.tribunnews.com

Masih berada di lokasi Desa Ranupani, terdapat danau lagi bernama Ranu Pani. Posisi Ranu Pani dekat dengan Ranu Regulo sehingga bisa dikunjungi saat Ranu Regulo sedang penuh wisatawan. Salah satu ciri dari Ranu Pani adalah air yang tenang.

Akan tetapi akhir-akhir ini Ranu Pani mulai mengalami kendala seperti vegetasi perairan. Keindahan Ranu Pani berkurang ketika vegetasi seperti enceng gondok tumbuh dalam jumlah besar di sekitar perairan danau. Selain itu, kondisi danau akhirnya mengalami pendangkalan.

Ranu Pani akan ditemui juga oleh para pendaki Gunung Semeru. Keindahannya masih tetap terjaga meski terdapat sedikit masalah di area gunung. Danau ini merupakan danau yang terkanal di Bromo Tengger Semeru setelah Ranu Kumbolo.

4. Danau Andeman

danau andeman
nasirullahsitam.com

Danau di Malang selanjutnya adalah Danau Andeman. Lokasi danaunya sendiri ada di area desa wisata yang bernama Sanankerto, Malang. Sejak tahun 1980-an danau ini sudah terkenal di kalangan masyarakat Malang akan tetapi wisatawan banyak yang belum tahu.

Keunggulan dari Danau Andeman adalah danaunya yang sangat alami belum banyak tersentuh masyarakat. Sekitar danau terdapat pepohonan bambu asri serta air danau yang tenang. Terdapat bayangan pepohonan yang ada di sebelahnya dan menambah keindahan danau.

Satu keindahan yang dimiliki oleh Danau Andeman dan menjadi ciri khas yakni memiliki pulau kecil di tengahnya. Pulau tersebut terhubung pula dengan jembatan mungil indah, yang dinamakan sebagai Pulau Putri Sekarsari.

Uniknya lagi air Danau Andeman tidak pernah surut meskipun saat musim kemarau. Meski belum memiliki banyak fasilitas wisata di sana namun rencana ke depan akan ditambahkan Museum Bambu. Para wisatawan khususnya yang membawa anak kecil bisa menikmati wisata edukasi di sana.

5. Sumber Sirah

sumber sirah
koranmemo.com

Sumber Sirah menjadi danau di Malang yang terkenal di kalangan wisatawan lokal. Danau yang satu ini ada di kawasan Malang Selatan tepatnya ada di kecamatan Gondanglegi. Satu hal yang unik dari danau ini adalah keindahan alamnya yang masih alami dan bersih.

Kejernihan air danau sampai membuat ikan tawar yang hidup di danau dan juga tanaman terlihat dari atas. Keindahan ini mewajibkann orang tua selalu mengawasi anak supaya tidak sampai masuk ke dalam air. Jika ingin melihat keindahan ikan secara langsung wisatawan bisa melakukan snorkeling.

Kegiatan snorkeling di Sumber Sirah sudah terkenal di kalangan pengunjung. Bagi yang tidak tertarik melakukan snorkeling juga bisa duduk di sekitar danau sambil menikmati keindahan alam yang ada di sekitarnya.

6. Waduk Selorejo

waduk selorejo
tempatwisataindonesia.id

Waduk Selorejo merupakan waduk yang lokasinya ada di Kecamatan Ngantang. Terkenal sebagai objek wisata sejak zaman dahulu Waduk Selorejo memiliki ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Perpaduan pemandangan alam empat gunung di sekitarnya menambah keindahan alam di sana.

Empat gunung yang ada di sekitar waduk adalah Gunung Arjuno, Anjasmoro, Kawi, dan Kelud. Nuansa alami dan kesejukan Malang bisa dinikmati di Waduk Selorejo ini. Banyak acara wisata sekolah di Malang yang menjadikan Waduk Selorejo sebagai lokasi wisata perpisahan sekolah.

Ingin mencoba adrenalin di Waduk Selorejo?. Tenang saja di danau ini terdapat jembatan gantung yang cukup panjang dan melintas di area danau. Ketika melewati sepanjang danau wisatawan dipastikan akan merasa adrenalinnya terpacu apalagi saat jembatan bergoyang.
Estimasi Harga Tiket Wisata Danau di Malang

Harga masuk ke enam danau di atas masih terjangkau. Untuk perkiraan harganya pada tahun 2023 ini mulai di angka Rp19.000 sampai dengan Rp50.000 maksimal dengan biaya registrasi. Biaya tersebut untuk wisatawan domestik termasuk biaya parkir kendaraan.

Bagi turis internasional biaya tiket masuknya lebih tinggi mulai dari Rp200.000 ke atas. Sebagai catatan biaya ini belum termasuk dengan biaya jika ingin camping di area danau atau menikmati beberapa fasilitas lain. Tapi jika wisatawan ingin camping dengan alat sendiri tinggal sewa tempat saja.

Danau di Malang masuk kategori sebagai danau terbaik di Indonesia. Ranu Kumbolo menjadi danau paling favorit karena sudah terekspos sampai dijadikan lokasi shooting film terkenal. Harga tiket masuk ke wisata danau cukup terjangkau sehingga tidak perlu memikirkan soal budget tinggi jika ingin ke sana.
Meta deskripsi: Malang merupakan kota yang memiliki banyak tempat wisata termasuk Danau. Danau di Malang memiliki keindahan dan keistimewaan tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *