• March 1, 2024
air terjun

Keren! 13 Air Terjun di Banten yang Wajib Kamu Kunjungi!

Cari liburan yang alami-alami dengan kesejukan air dan keindahan alam? Kamu harus datang ke wisata air terjun di Banten. Daerah Banten sendiri memiliki banyak wisata alam seperti air terjunnya yang mempesona dan eksotis.

air terjun
freepik.com

Meskipun kamu perlu menempuh jarak yang tidak dekat, akan tetapi rasa lelah tersebut akan terbayarkan ketika sampai di lokasi wisata. Aliran air yang sejuk, deburan suara air terjun yang menenangkan. Apalagi dengan keindahan alam sekitar. Yakin ngga mau coba? Jika kamu penasaran wisata air terjun di Banten ini, maka bisa Simak yang berikut.

Daftar Air Terjun di Banten

1.   Curug Lawang

Curug Lawang, destinasi air terjun di Banten, memanjakan perjalanan dengan pemkamungan hutan dan sawah yang luas. Keindahan sungainya yang bersih dan alami menjadikan curug ini menarik bagi banyak wisatawan.

Lokasinya terletak sekitar 10 kilometer, dapat diakses dengan berjalan kaki atau kendaraan roda dua, meskipun medannya cukup terjal dan berkelok. Bagi yang tertarik berkunjung, disarankan membawa bekal sendiri dan mengunjungi pada hari biasa untuk menghindari keramaian.

Curug Lawang memberikan pengalaman liburan yang menyegarkan, melibatkan perjalanan yang menarik dan pemkamungan alam yang memukau di tengah kealamian Banten.

Alamat: Kampung Cisirih, RT 01 RW 02, Desa Cikolelet, Kec. Cinangka, Kab. Serang, Banten.

Telepon: 087771856557

Jam buka: 24 jam

Harga: Rp20.000 per orang

2.   Curug Putri – Air Terjun di Banten

Curug Putri, air terjun terkenal di Banten, menawarkan pesona alam yang memukau dan sering disebut sebagai Little Green Canyon. Perjalanan menuju curug ini memanjakan mata dengan pemkamungan hutan yang indah dan udara segar.

Terletak di kawasan Tahura, aksesnya membutuhkan perjalanan sekitar 250 meter dengan medan menantang yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau menggunakan motor trail. Keunikan Curug Putri terletak pada kolam dan aliran sungai yang membelah celah tebing batu dengan gradasi warna yang cantik.

Cukup unik dan menciptakan latar belakang foto yang memukau. Berkunjung ke sini hanya memerlukan pembayaran parkir dan tour guide lokal, memberikan pengalaman eksplorasi alam yang memuaskan sesuai dengan budget Kamu.

Alamat: Kawasan Tahura Jl. Raya Carita, Sukarame, Carita, Kab. Pandeglang, Banten.

Telepon: 081211584343

Jam buka:  08:00 – 18:00 WIB

Harga: Rp15.000 (Parkir)

3.   Curug Ciporolak

Curug Ciporolak, sebuah keindahan air terjun di Banten, menawarkan ketinggian mencapai 100 meter dan ciri khas berundak-undak pada dasar sungainya. Perjalanan menuju curug ini mempesona dengan pemkamungan kebun teh Cikuya yang indah serta persawahan warga yang terhampar.

Melewati aliran sungai curug dan melewati desa setempat, perjalanan sekitar 1 jam dari tempat warga akan membawa Kamu ke lokasi curug. Di sana, Kamu akan disuguhi panorama indah curug beserta airnya yang dingin dan segar. Curug Ciporolak menjadi destinasi menarik untuk menikmati keindahan alam Banten dalam suasana yang tenang dan menyegarkan.

Alamat: Kampung Lebak Picung, Hegarmanah, Cibeber, Kab. Lebak, Banten.

Telepon: 081311342105

Jam buka: 06:30 – 17:00 WIB

Harga: Rp20.000 per orang

4.   Curug Cigumawang

Curug Cigumawang, air terjun di Banten ini memiliki tinggi 40 meter dari gunung Buntu, memukau dengan tebing indah di sisi kanan dan kiri. Pengunjung tak hanya dapat menikmati keindahan air terjun, tapi juga melakukan camping dan outbound. Fasilitas termasuk mushola dan toilet memudahkan pengunjung. Warung-warung di lokasi menyediakan makanan dan minuman.

Jika menggunakan motor, perjalanan ke lokasi dapat ditempuh dalam 40 menit. Curug Cigumawang menghadirkan pengalaman alam yang menakjubkan dengan segala kenyamanan dan aktivitas seru, menjadikannya destinasi ideal untuk berlibur dan bersatu dengan alam.

Alamat: Desa Bugel, Kec. Padarincang, Kab. Serang, Banten.

Harga: Rp15.000

5.   Curug Sawer – Air Terjun di Banten

Curug Sawer menawarkan keunikan dengan dua tingkat air terjunnya. Tingkat pertama, curug Lalakina, memiliki tinggi 25 meter, sementara tingkat kedua, curug Bikang, setinggi 7 meter. Keistimewaan lainnya, di bagian bawah terdapat goa bawah air yang panjang.

Lokasinya dekat pemukiman warga, memudahkan akses dengan berjalan kaki atau menggunakan motor. Fasilitas lengkap seperti toilet, mushola, area parkir, dan lainnya membuat pengunjung dapat menikmati Curug Sawer dengan nyaman. Temukan keajaiban alam dan petualangan di air terjun ini, menjadi pilihan menarik untuk mengeksplorasi keindahan Banten.

Alamat: Desa Sanghiangdengdek, Kec. Pulosari, Kab. Pandeglang, Banten.

Harga: Rp2.500 per orang, Rp5.000 (Parkir).

air terjun
pexels.com

6.   Curug Cihear

Curug Cihear, persembahan alam Taman Nasional Gunung Halimun Salak, memukau dengan ketinggian sekitar 142 meter dan aliran air deras yang indah. Menikmati keindahan air terjun di Banten ini memerlukan hiking melalui hutan tropis dan tebing curam yang menantang.

Tebing curug yang berundak menciptakan pemkamungan yang memikat, menjadikan Curug Cihear sebagai daya tarik utama bagi wisatawan dan spot foto yang menawan. Selain itu, pengunjung dapat merasakan kegembiraan arum jeram di sini, menambah keseruan petualangan di bawah rimbunnya pepohonan dan keindahan alam Banten.

Alamat: Lebaksitu, Lebakgedong, Kab. Lebak, Banten.

Telepon: 082141249669

Harga: Kisaran Rp185.000 – Rp250.000 per paket

7.   Curug Cikotak – Air Terjun di Banten

Curug Cikotak, destinasi air terjun di Banten, memikat dengan pemkamungan indah dan sensasi uniknya. Meskipun selalu ramai, keistimewaan tempat ini terletak pada dua curug tersembunyi di atasnya yang jarang terjamah.

Fasilitas yang lengkap, seperti area parkir, mushola, toilet, dan warung makan, menambah kenyamanan pengunjung. Kendaraan dapat ditinggalkan di area parkir, memudahkan perjalanan ke air terjun dengan motor atau mobil. Curug Cikotak mengundang untuk menjelajahi kecantikan alamnya, menjadikannya destinasi yang menarik bagi pencinta air terjun di Banten.

Alamat: Kampung Cikotak, Desa Cibojong, Kec. Padarincang, Serang, Banten.

Harga: Rp15.000

8.   Curug Betung

Jika berada di Kota Serang, kunjungi Curug Betung yang menawarkan pesona alam yang memikat. Untuk mencapai lokasi, tempuh perjalanan melalui jalan Anyer yang memakan waktu cukup lama. Setibanya, kendaraan dapat diparkir di dekat rumah warga sebelum melanjutkan perjalanan.

Air terjun di Banten yang satu ini masih mempertahankan kealamian dan jarang dikunjungi, menciptakan tempat yang ideal untuk melepaskan penat dan menikmati udara segar. Aliran sungai Curug Betung dihiasi dengan batu-batu besar, menambah keindahan alami yang menjadi daya tariknya.

Alamat: Desa Kubang Baros, Kec. Cinangka, Kab. Serang, Banten.

Harga: Gratis.

9.   Curug Leuwi Tomo – Air Terjun di Banten

Curug Leuwi Tomo, dengan pesona alam yang memukau, memerlukan perjalanan sekitar 30 menit dari perkampungan untuk mencapai lokasinya. Perjalanan ke air terjun ini telah menjadi favorit para wisatawan yang menyukai hiking.

Fasilitas yang disediakan di Curug Leuwi Tomo sangat lengkap, menghilangkan kekhawatiran pengunjung. Air terjun ini memungkinkan pengunjung untuk berenang dengan aman dan memuaskan, karena aliran airnya yang jernih dan tanpa bebatuan tajam di bawah air terjun.

Keindahan alam dan kemudahan fasilitas menjadikan Curug Leuwi Tomo sebagai destinasi yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman. Menikmati keaslian alam Banten dalam suasana yang tenang dan menyegarkan.

Alamat: Kampung Cikupa Pamatang Kandis, Ramea, Mkamulawangi, Kab. Pandeglang, Banten.

Jam buka: 24 jam

Harga: Rp5.000 per orang

10.   Curug Kembar

Curug Kembar, sesuai namanya, memukau dengan dua air terjun yang memancar indah di tebing yang dikelilingi oleh pepohonan hijau di kawasan Perhutani. Untuk mencapai tempat ini, pengunjung harus berjalan sekitar satu jam dari area parkir yang disediakan warga sekitar.

Keindahan alam Curug Kembar membuatnya ideal untuk bermain air atau bersantai, dengan fasilitas yang hampir sama lengkapnya seperti curug-curug lainnya. Selain itu, pengunjung dapat mengisi malam dengan camping di kawasan sekitar curug ini, menambahkan nuansa petualangan dan kebersamaan.

Curug Kembar menjadi destinasi yang menawan di Banten untuk menikmati keajaiban alam yang unik dan menyegarkan.

Alamat: Desa Cinoyong, Kec. Carita, Kab. Pandeglang, Banten.

Harga: Rp15.000 (Tiket masuk dan parkir)

air terjun di banten
pexel.com

11.   Curug Leuwi Bulus – Air Terjun di Banten

Curug Leuwi Bulus, terletak di Kampung Cicengal, Desa Ramea, Kecamatan Mkamulawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten, menawarkan keindahan alam yang memikat. Keunikan curug ini terletak pada ketinggian air terjun yang tidak ekstrem, menjadikannya tempat yang ideal untuk berenang.

Lokasinya yang terpencil memberikan pengalaman luar biasa bagi pengunjung yang mencari ketenangan dan keaslian alam Banten. Perjalanan menuju curug ini dapat menjadi petualangan yang menarik, menggabungkan hiking dengan sensasi berenang di bawah air terjun yang menyejukkan.

Fasilitas yang memadai, bersama dengan keindahan alamnya, membuat Curug Leuwi Bulus menjadi destinasi yang menyenangkan dan penuh kejutan di kawasan air terjun Banten.

Alamat: Cicengal, Desa Ramea, Kecamatan Mkamulawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten.

12.   Curug Ciajeng

Curug Ciajeng, terletak di Desa Cinoyong, Carita, Pandeglang, Banten, menawarkan keindahan yang menakjubkan meskipun perjalanan menuju lokasi terbilang sulit. Keistimewaan curug ini dapat dinikmati dengan tiket masuk yang terjangkau, hanya Rp10.000.

Pengunjung harus bersiap untuk perjalanan berjalan kaki selama kurang lebih 1 jam dari area parkir kendaraan untuk mencapai curug. Meskipun trek yang menantang, semua usaha akan terbayar dengan pemkamungan Curug Ciajeng yang memukau dan alam yang masih asri. Destinasi ini cocok bagi pengunjung yang mencari petualangan sekaligus ingin menikmati kecantikan air terjun di Banten yang menawan dan jarang dijamah.

Alamat: Desa Cinoyong, Carita, Pandeglang, Banten.

Harga Tiket Masuk: Rp10.000

13.   Curug Banten Caladi

Selanjutnya ada Curug Banten Caladi, tersembunyi di tengah hutan, menawarkan pengalaman yang sejuk dan alami. Curug ini dapat ditemukan di Desa Ramea, Kampung Cicengal, Kecamatan Mkamulawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten. Akses menuju air terjun ini cukup mudah dengan naik motor.

Namun, apabila menggunakan mobil, pengunjung dapat memarkirkan kendaraan di perkampungan warga dan melanjutkan perjalanan sejauh 1 km dengan berjalan kaki. Keindahan alam Curug Banten Caladi yang terpencil menciptakan suasana damai, menyuguhkan ketenangan bagi pengunjung yang mencari keaslian alam Banten.

Petualangan menuju lokasi air terjun ini menjadi bagian tak terpisahkan dari pengalaman wisata yang menarik di kawasan air terjun Banten.

Alamat: Desa Ramea, Kampung Cicengal, Kecamatan Mkamulawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten.

source: https://www.youtube.com/@IconOfIndonesia

Itulah tadi 13 air terjun di Banten yang cukup menarik dkunjungi. Bagi kamu pecinta alam dan air terjun akan sangat disayangkan jika melewatkan berbagai wisata air terjun di atas. Menawarkan beragam pesona dan keindahan alam yang tiada duanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *